Tips Mudah Membedakan Cupang Jantan & Betina

ikan cupang kota serang icalofish.blogspot.com


Kali ini saya akan membagikan tips sederhana bagaimana cara membedakan cupang jantan dan betina

Caranya bisa kita liat dari atas bentuk tubuhnya

Ciri -ciri jantan
Bentuk tubuh dari kepala sampai keperut cenderung mengecil

Ciri - ciri betina
Bentuk tubuh dari kepala sampai keperut cenderung membulat

Untuk lebih jelasnya kita liat video berikut :



Udah cukup jelas?
kalo belum bisa kita diskusikan di kolom komentar
terimakasih

3 Pakan Daphnia Magna Paling Efektif

Daphnia magna, lagi-lagi ngebahas daphnia magna

Si Kutu air giant ini berguna sebagai pakan alami untuk ikan cupang
Nah karna bisa dikultur, saya akan share apa aja pakan yang cocok untuk daphnia magna ini.
Pakan untuk pakan ikan cupang :

1. Air hijau/ Green water

Air hijau, air yang mengandung ganggang hijau atau fitoplankton.

ikan cupang kota serang banten icalofish.blogspot.com

2. Fermipan

Fermipan atau ragi, penggunannya larutkan terlebih dahulu fermipan dengan air biasa jangan terlalu dingin jangan terlalu panas, agar bakterinya aktif, kemudian berikan ke daphnia magna, ingat jangan terlalu banyak, sesuaikan dengan luas kolam daphnia.

ikan cupang kota serang banten icalofish.blogspot.com

3. Pelet

Pelet ini bisa dari jenis apa saja, misal pelet pakan lele. Cara penggunaannya pelet harus dilarutkan dengan air agar hancur dan halus, kemudian berikan ke daphnia.

ikan cupang kota serang banten icalofish.blogspot.com

Oke gan,  itulah pakan daphnia paling efektif yang pernah saya coba

Keep praktek!

Terimakasih sudah berkunjung.

WOW! Daphnia Magna Untuk Mengukur Kandungan Toksin

Daphnia magna adalah sejenis crustacea yang biasa saya budidaya untuk pakan ikan cupang.

kutu air ikan cupang kota serang banten indonesia icalofish.blogspot.com


Tapi siapa yang nyangka daphnia magna bisa jadi alat uji coba untuk mengukur tingkat toksin air di wilayah industri, banyak penelitian yang sudah mencoba menggunakan daphnia magna sebagai alat uji coba, dibuktikan dengan jurnal yang sudah banyak terbit seperti di bawah ini :

ikan cupang kota serang banten icalofish.blogspot.com
icalofish.blogspot.com

ikan cupang kota serang banten icalofish.blogspot.com
icalofish.blogspot.com

Disebuah jurnal yang berjudul "UJI TOKSISITAS AKUT LIMBAH CAIR INDUSTRI PULP & KERTAS TERHADAP Daphnia Magna (Studi Kasus : PT ASPEX KUMBONG)". Daphnia magna digunakan sebagai alat uji toksisitas.

Tapi engga sembarang bisa diuji, nih saya kutip satu paragraf dari jurnal di atas :

"Sebelum digunakan dalam uji toksisitas, Daphnia magna harus melalui proses aklimatisasi di laboratorium minimal selama 7 hari. Selama proses aklimatisasi, Daphnia diberi makan ragi setiap hari dan akuariumnya dibersihkan secara teratur sehingga tidak ada larva nyamuk yang hinggap. Air mineral dipilih sebagai media tempat Daphnia hidup karena tidak mengandung klorin yang bersifat toksik bagi Daphnia (USEPA, 2002) dan memiliki kualitas air yang baik dan konstan. Uji toksisitas menggunakan Daphnia magna berusia kurang dari satu hari karena sangat sensitif terhadap racun."

Setelah proses itu baru deh Daphnia bisa digunakan.

Prosesnya panjang tapi bagus untuk nambah-nambah ilmu.

Jadi intinya dari penelitian itu, dikatakan kalau daphnia masih bisa hidup di lingkungan itu, berarti kandungan toksin yang ada masih bisa di tolerir, kurang lebih seperti itu.

Sample daphnia magna yang saya budidaya :



Terimakasih bagi teman-teman yang udah mau berkunjung diblog sederhana ini, saran dan kritik bisa diluncurkan dikolom komentar.

https://www.facebook.com/icalofish28


7 Cara Merawat Ikan Cupang (No 6 sangat penting)

icalofish.blogspot.com ikan cupang kotaserang banten
Banyak orang yang suka sama ikan cupang, katanya punya warna yang bagus terus kalo ngeliat satu sama lain pada ngedok. Tapi sukanya engga diimbangi kemampuan dalam merawat, alasannya sibuklah, capelah, itukan resiko, kalo bener-bener hobi yu dirawat biar sehat terus ikannya.

Kali ini saya akan membagikan cara merawat ikan cupang agar selalu sehat dan aktif.

Baiklah kita mulai :
  1. Ganti air min 3 hari sekali max 1 minggu sekali
  2. Air pengganti usahakan air yang sudah diendapkan atau air rendaman daun ketapang
  3. Air diberi garam ikan secukupnya
  4. Beri makan min 1 kali sehari
  5. Jika ikan kalian banyak, letakan sekat agar tidak saling melihat
  6. Buka sekat sehari sekali selama kurang lebih 15-30 menit
  7. Kalo semuanya udah dilakukan, tinggal balik lagi ke no 1
Ikan sehat, enak di liat iyakan?



Demikian cara merawat ikan cupang menurut pengalaman saya selama ini, jangan lupa di share yah
Saran dan kritik bisa diluncurkan dikolom komentar.Terimakasih.

faisal
IG => @icalofish28
Page FB => @icalofish
Twitter => @icalofish
Line => motoalert
Cp => 085288877111



Tutorial Sederhana Menetaskan Artemia

ikan cupang kota serang banten indonesia icalofish.blogspot.com

Artemia adalah hewan/binatang/mahluk hidup masih sejenis udang renik, dijual dalam bentuk kristal telur yang harus ditetaskan terlebih dahulu sebelum diberikan ke burayak, burayak? yap, artemia sangat cocok untuk pakan burayak berumur 3 hari.

ikan cupang kota serang banten indonesia icalofish.blogspot.com

Artemia merknya banyak, salah satu yang saya gunakan merknya golden west, karna harga 1 kalengnya mahal (silakan cek di google), maka saya beli paket ketengan, kemasan 40gr, seperti dibawah.

ikan cupang kota serang banten indonesia icalofish.blogspot.com
icalofish.blogspot.com
Bentuknya seperti serbuk, aga bau amis.

Nah, karna harus ditetaskan dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial cara penetasan artemia.

langsung aja.

Alat dan Bahan yang diperlukan adalah :
  1. Niat (Tanpa niat akan sulit dikerjakan)
  2. Doa (Untuk melancarkan kegiatan penetasan)
  3. Telur artemia ( saya beli merk Golden west kemasan 40gr paket hemat dibayar tunai)
  4. Garam (garam ikan boleh garam murni boleh)
  5. Botol bekas
  6. Selang aquarium
  7. Aerator
Langkah Pembuatan

Potong bagian PANTAT botol, ganti tutup botol dengan tutup botol untuk Co2 Diy bisa di cari di tokopoedia, atau bisa dibuat sendiri dengan melubangi bagian tengah tutup botol, masukan selang kemudian di lem biar engga tumpeh-tumpeh.

Kemudian setelah itu sambungkan selang ke aerator, maka jadilah seperti gambar berikut :


icalofish.blogspot.com ikan cupang kota serang banten indonesia icalofish.blogspot.com
icalofish.blogspot.com

Tuangkan air sampai setengah botol (kalo saya yah), masukan garam secukupnya (karna saya ga pake takaran), nyalakan aerator dan masukan telur artemianya, seperti pada video berikut.


  icalofish.blogspot.com

Sepertinya sudah sangat GAMBLANG (sejenis nasi yang dipadatkan paling enak digoreng dimakan sama rendang) penjelasan dari saya tentang tutorial penetasan artemia.

Contoh artemia yang sudah menetas
 


ikan cupang kota serang banten indonesia icalofish.blogspot.com
Bentuk artemia

Terimakasih sudah berkunjung, kritik dan saran bisa disampaikan dikolom komentar.